Mobil Listrik UNY Karya Anak Bangsa Membanggakan Indonesia

Satu lagi bukti bahwa karya anak bangsa tidak bisa diremehkan dan semakin menunjukkan eksistensinya di dunia internasional. Sejak dahulu sebenarnya telah lahir banyak karya anak bangsa yang diakui secara internasional meskipun mereka banyak menerima ‘tantangan’ bahkan dari dalam bangsa sendiri.  Salah satu karya anak bangsa yang membanggakan adalah mobil listrik buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Baru-baru ini tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta yang menamakan dirinya sebagai Garuda UNY Racing Team (GURT) mendapatkan kabar menyenangkan, hal ini terkait dengan hasil perolehan GURT dalam mengikuti kompetisi Formula Student. Dilansir dari laman fs-world.org yakni formula stundent combustion world ranking, tim mobil listrik UNY mendapatkan peringkat 182 dari total 527 tim mobil listrik seluruh dunia. Perolehan peringkat ke 182 dunia berdasarkan pada kompetsi yang telah mereka ikuti di Jepang.

Prestasi yang membanggakan tersebut adalah hasil dari keikutsertaan mobil listrik UNY dalam kompetisi yang diselenggarakan di Jepang, yaitu kompetisi 2015 Student Formula Japan pada bulan September 2015. Formula Student adalah sebuah kompetisi pembuatan mobil formula tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh SAE (Society of Automotive Engineering). Kompetisi ini diselenggarakan di berbagai musim pada beberapa Negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Austria, Kanada, dan Austaralia.
Dalam kompetisi tersebut tim mobil listrik UNY juga mendapatkan posisi yang cukup baik dalam static event. Tim mobil listrik mendapatkan peringkat ke 25 dalam business logic plan, peringkat ke 49 pada cost event dan peringkat ke 41 dalam design event. Tim mobil listrik UNY merupakan pendatang baru dalam event ini, meskipun demikian namun hasil perolehan tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena tim mobil listrik yang lain kebanyakan adalah tim dari tuan rumah yang tidak perlu ditanya lagi soal kecanggihan teknologinya.

Namun bukan hanya pada static event saja merepak mendapatkan hasil yang memuaskan. Pada dynamic event pun tim mobil listrik mendapatkan hasil yang membanggakan. Tim mobil listrik UNY mendapatkan peringkat ke 5 dalam efisiensi. Dan jika dilihat dari pencapaian secara keseluruhan, tim mobil listrik mendapatkan peringkat 2 place rookie, best rookie. Tim mobil listrik mendapatkan peringkat 29 keseluruhan dar 93 tim dengan 7 tim sebagai rookie atau pendatang baru. Tak hanya itu, tim mobil listrik UNY juga berhasil mendapatkan peringkat 4 dari total keseluruhan overseas team dari total 11 tim dari 9 negara. Sehingga pada kompetisi tahun 2016 tim mobil listrik UNY berhak untuk berada pada grup A dan bisa mengikuti technical inspection lebih dahulu.

Tim mobil listrik UNY menargetkan bisa mendapatkan peringkat 100 besar duia dengan taerget overall 500 poin di kompetisi selanjutnya atau pada tahun 2016 esok. Prestasi yang sudah diperoleh ini tidak lepas dari dukungan kampus UNY yang telah memberikan fasilitasnya dalam berbagai hal, namun dukungan sponsor juga sama pentingnya dan memberikan sumbangsih atas keberhasilan ini. Semoga para pelajar di Indonesia semakin terpacu dalam memajukan prestasi negaranya diberbagai bidang. Salam otomotif!

Label: