Mengenal Teknologi ETCS-i (Electronic Throtlle Contol System intelligent)

Perkembangan teknologi semakin maju seiring dengan berjalannya waktu, para ilmuwan-ilmuwan dunia saling berlomba dalam mengembangkan teknologi-teknologi baru demi persaingan industri yang semakin ketat, begitu pula dalam dunia otomotif. Teknologi dalam bidang otomotif berkembang menjadi teknologi otomotif-komputer. Dimana semua sistem-sistem canggih dalam sebuah mobil dikendalikan atau dikontrol oleh komputer. Menjadikan ketepatan perhitungan semakin presisi. Banyak sekali teknologi-teknologi baru yang berkembang berbasis elektronik, dan teknologi-teknologi itu insyaAllah akan kami bahas di guruotomotif.com ini. Diantara teknologi yang dikembangkan tersebut adalah teknologi ETCS-i (Electronic Throttle Control System intelligent).


Apa itu ETCS-i?

ETCS-i atau Electronic Throttle Control System intelligent adalah sistem yang menggunakan komputer untuk mengontrol bukaan katup throttle, dimana kontrol tersebut menggunakan elektronik. Bedanya, pada teknologi lama untuk membuka katup throttle dikontrol langsung dengan kabel dari pedal gas ke katup throtlle untuk membuka dan menutup. Sedangkan pada sistem ETCS-i kabel pada pedal gas dihilangkan. ECU (Ekectronic Control Unit) mesin menggunakan motor kontrol throttle untuk mengatur sudut bawaan ke jumlah yang optimal sebagai respon pada tingkat dibebaskannya pedal gas.


Sedangkan sudut bukaan pedal gas selalu dideteksi oleh sensor posisi akselerasi pedal (accelerator pedal posistion sensor) dan sudut bukaan pada katup throttle dideteksi oleh throttle position sensor.

Komponen ETCS-i

Sistem ETCS-i mempunyai komponen sebagai berikut ini:
  1. Accelerator pedal position sensor
  2. Electronic Control Unit (ECU) mesin
  3. Throttle Body
  4. Throttle valve (katup throttle)
  5. Motor kontrol throttle
  6. Throttle position sensor
  7. Komponen lain

Konstruksi ETCS-i

Throttle body terdiri dari throttle valve, sensor posisi yang berfungsi untuk mendeteksi bukaan dari katup, motor kontrol yang berfungsi untuk membuka dan menutup katup, dan pegas pembalik yang berfungsi untuk mengembalikan katup pada posisi yang ditentukan. Motor throttle menggunakan motor DC yang memiliki respon sangat bagus dan konsumsi daya yang sedikit atau irit. Perhatikan gambar dibawah ini.


ECU pada mesin berfungsi untuk mengontrol jumlah dan arah arus yang mengalir pada kontrol motor, memutar atau menahan motor, serta membuka dan menutup katup melalui pegas reduksi. Adapun bukaan katup aktual dideteksi oleh throttle position sensor lalu hasil pendeteksian ini dikirim kembali menuju ECU mesin.

Cara Kerja ETCS-i

Ketika arus tidak mengalir menuju motor, maka pegas pembalik membuka katup pada posisi yang telah ditentukan (kira-kira sekitar 7 derajat). Akan tetapi selama mesin dalam kondisi idle, maka katup lebih tertutup dibandingkan dengan posisi yang ditentukan ini yakni sekitar 7 derajat.
Saat ECU mendeteksi kerusakan, ECU akan menyalakan lampu indikator kerusakan ke dalam meter kombinasi dan sementara memutus daya ke motor. akan tetapi karena katup throttle dibuka ke bukaan kira-kira 7 derajat maka kendaraan masih bisa dikendarai menuju lokasi yang aman. Model awal dari ETCS-i menggunakan magnetic clutch antara motor dengan katup throttle yang dapat digunakan untuk memutus dan menghubungkan hubungan dari motor.

ETCS-i mengontrol beberapa mode, diantaranya mode normal, mode power, mode bersalju, dan lainnya yang akan kami bahas di artikel selanjutnya insyaAllah. Oleh karena itu tetap di GuruOtomotif.com ya sobat untuk belajar online otomotif. Dan memikianlah artikel tentang Teknologi ETCS-i (Electronic Throtlle Control System intelligent) semoga bermanfaat, silahkan dishare dan salam Otomotif!

Label: ,