Jeep dan ATV Jelmaan dari Vixion Lahir di SMK

Rupanya teknologi otomotif tidak hanya lahir di industri otomotif, nyatanya lembaga pendidikan pun bisa memunculkan teknologi yang memang sudah sepatutnya kita apresiasi dan kita dukung. SMK Angkasa Bandung sebagai contohnya. Mobil kecil mirip Jeep dan ATV bertengger di sudut gedung sekolah tersebut. Hal itu diketahui oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat berkunjung ke SMK Angkasa Bandung dalam rangka edukasi tentang teknologi Blue Core.


Jeep dan ATV jelmaan vixion tersebut adalah karya para siswa jurusan Teknologi Kendaraan Ringan di SMK Angkasa Bandung yang bekerjasama dengan YIMM sejak tahun 2007. Kedua kendaraan tersebut sudah sering tampil di acara-acara publik seperti Bandung Air Show pada tahun 2012 dan 2015 yang lalu.

Prototipe Jeep

Pada prototipe Jeep mini menggunakan mesin Yamaha Vixion 150 cc. Sedangkan pada bagian komponen, rangka serta bodi dikembangkan sendiri sehingga menjadi body Jeep. Namun untuk urusan mesin tidak ada perubahan dan dibiarkan sesuai dengan sandar dari pabrik. Kekuatan dari modifikasi mobil ini sudah diuji ketika mengikuti acara Bandung Air Show pada tahun 2015 lalu yang diuji dengan cara dinaiki oleh delapan orang dan kendaraan tetap meluncur dengan lancar.

Kendaraan ATV

Sementara itu pada kendaraan jenis ATV (All Train Vehicle) mini juga ‘berbahan dasar’ mesin Yamaha Vixion. Jantung pacunya mendapatkan bantuan dari YIMM yag kemudian dibuatkan rangka khusus terbuat dari pipa tubular. Untuk shock di depan memakai dua buah shockbreker, sedangkan dibagian belakang hanya terdapat satu buah shockbreker saja. Menggunakan ban besar tipe off road 8 inch dan dipasangkan rem cakram. Tenaga dan torsinya diteruskan ke roda belakang melalui rantai. Walaupun begitu namun bagian body masih menyerupai sepeda motor.

Dua kendaraan modifikasi ini adalah hasil binaan yang dilakukan oleh pihak YIMM untuk SMK binaan.  Kunjungan perwakilan dari Yamaha pusat ke SMK Angkasa juga merupakan bentuk apresiasi yang tinggi dan juga merupakan penghargaan terhadap karya yang menggunakan produk dari pabrikan Yamaha.
“ini menjadi kebanggan besar bagi kami. kreativitas yang tinggi seperti ini adalah bukti bahwa kualitas siswa-siswa SMK Angkasa Bandung yang turut mengangkat citra baik Yamaha. Kami sekaligus mengadakan edukasi teknologi blue core dan juga test ride motor mio M3 sebagai bentuk kerjasama antara Yamaha dengan SMK Angkasa” ungkap Muhammad Masykur selalku Asisten GM Pemasaran YIMM.

Acara Yamaha Edukasi Blue Core di SMK binaan Yamaha sudah dilakukan sejak awal tahun 2015 hingga akhir tahun secara nasional. Aktivitas kampanye Blue Core dengan kegiatan seperti seminar Blue Core, dimana peserta yang merupakan siswa dan guru bisa mengenal lebih lanjut teknologi tersebut.

Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan positif seperti ini para siswa SMK maupun guru dapat meningkatkan kemampuan serta dapat megikuti perkembangan teknologi yang terus bersaing. Begitupula dengan SMK-SMK yang lain.Salam Otomotif!

Label: