Cara Pendaftaran dan Langkah-Langkah Mengikuti Progam SMPGP

Berjumpa lagi dengan blog guruotomotif, pada kesempatan ini kami akan melanjutkan pembahasan terkait progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif (SMPGP) SMK. Melanjutkan artikel sebelumnya, jadi bagi sobat yang belum tahu apa itu progam SMPGP silahkan baca artikel apa itu SMPGP. Karena banyak yang bertanya baik lewat komentar ataupun pesan pribadi, maka admin akan menuliskannya khusus terkait cara pendaftaran dan langkah-langkah mengikuti progam SMPGP.


Untuk Siapa Progam SMPGP Ini?

Progam SMPGP ini sebagaimana SM3T, semakin banyak peminatnya. Hanya saja progam SMPGP ini KHUSUS untuk lulusan minimal S1 dari LPTK atau kejuruan (teknik), seperti Pendidikan Teknik Otomotif, teknik mesin, teknik boga, teknik busana, dan lain-lain. Jadi bagi sobat yang lulusan dari MIPA, Ekonomi, Bahasa dan Lainnya selain Teknik, sobat tidak bisa mengikuti progam SMPGP. Meski begitu, sobat tidak perlu kecewa, karena ada banyak progam-progam pemerintah yang intinya sama yaitu pengabdian di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), seperti SM3T, Indonesia Mengajar.

Progam SMPGP ini sudah berjalan atau berlangsung selama 4 tahun. Untuk tahun 2015/2016 ini adalah tahun ke 4 (empat), dan sekaligus tahun pertama. Kok bisa? karena progam ini pada tahun 1 (pertama) hingga tahun 3 (tiga) bernama Talent Scouting dan hanya berlangsung selama 6 bulan saja (1 semester KBM di sekolah). Sedangkan pada tahun ke 4 (empat) ini berubah nama menjadi Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif (SMPGP) dan kegiatannya berlangsung selama 1 (satu) tahun, sama seperti SM3T.

Progam SMPGP ini sebagaimana yang kami ketahui (ketika pembekalan) diadakan karena salah satunya sebagai solusi bahwa pada progam SM3T dimana ada peserta yang lulusan Teknik (dari LPTK) namun ketika sampai di lokasi SM3T justru mengajar SD, SMP sehingga tidak sesuai dengan bekal dan ijazah yang dimiliki. Maka dari itu progam SMPGP menjawab permasalahan itu, bahwa lulusan pendidikan Teknik (LPTK) ketika ingin mengikuti SM3T sebaiknya melalui jalur SMPGP ini karena sasarannya tepat yaitu SMK-SMK yang berada di daerah 3T dan juga non 3T.

Kapan Waktu Pendaftaran SMPGP?

Kembali ke topik utama artikel ini, waktu pendaftaran SMPGP ini jika kita berpedoman pada pendaftaran tahun 2015/2016, maka pendaftaran progam SMPGP diadakan pada bulan  antara April-Mei. Waktu itu admin mendaftar sehari setelah yudisium di Fakultas Teknik UNY, dan itupun karena ada perpanjangan waktu pendaftaran.

Langkah-Langkah Pendaftarannya Bagaimana?

Langkah untuk ikut progam SMPGP sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang, sobat harus AKTIF mengikuti informasi pendaftaran di website resmi FT atau kampus masing-masing atau datang ke KPLT. Disana biasanya informasi pendaftaran SMPGP diupdate.
Untuk syarat-syarat pendaftaran tahun 2016/2017 kami tidak tahu persis apa syaratnya, tapi jika berkaca pada tahun lalu, syarat-syaratnya adalah mengumpulkan berkas-berkas sebagai berikut. Sebagai catatan: berikut ini adalah syarat dari kampus UNY. Jika sobat berasal dari kampus UNS, UNNES, UNESA dan LPTK lainnya silahkan hubungi kampus masing-masing.

Tibalah Saatnya Tes Seleksi Progam SMPGP

Setelah sobat mengumpulkan berkas-berkas maka tunggulah sampai ada informasi tes seleksi berupa tes tulis dan wawancara. Akan tetapi admin kemarin tidak menggunakan tes tertulis. Hanya tes wawancara saja, silahkan belajar tips-tips menguasai tes wawancara.
Sekali lagi, sobat WAJIB aktif update informasi-informasi ini di kampus masing-masing. Jangan sampai tidak datang ketika ada tes seleksi. Ketika tes seleksi berpakaianlah yang rapi dan sopan. Pakaian hitam putih berdasi, jangan lupa mandi dan gosok gigi.. hehe *becanda

Dimana Saya Ditempatkan?

Setelah tes seleksi tunggulah informasi penempatan, mungkin sobat akan ditempatkan di NTT seperti admin, jadi dimanapun sobat ditempatkan, sobat harus menerimanya dan siap untuk menjalani progam SMPGP sampai titik darah penghabisan *lebay mode on. Maka dari itu sebelum mendaftar SMPGP, pastikan bahwa sobat harus benar-benar yakin dan mantap seandainya ditempatkan di planet namek si picolo.. hihihi

Kalau sudah resmi diterima di progam SMPGP, maka ada tantangan berikutnya, sobat akan di gembleng oleh anggota TNI dan Polri. Ini bagian yang serem.. huehuehue. Tapi tidak juga, nanti admin akan share apa saja kegiatan-kegiatan yang WAJIB diikuti kalau sudah diterima di progam SMPGP ini.

Tetap semangat dan teruslah update berita seputar SMPG serta otomotif hanya di guruotomotif. Sekiranya bermanfaat tolong dishare informasi ini : ) silahkan tanya via komentar dibawah ini. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam Otomotif!

Label: